Pidato Siapkah Bangsa Indonesia Memasuki Era Globalisasi?

Sebelumnya setelah saya telah tuliskan pidato mengenai Contoh Pidato “Efek Industrialisasi pada Kehidupan Berbangsa serta Bernegara” kesempatan ini saya akan bagikan pidato ke dua saya yang kesempatan ini saya berikan Topik Siapkah bangsa Indonesia masuk masa globalisasi?

Yang saya hormati Ibu guru mata pelajaran Bhs. Indonesia. Serta yang tetap dibanggakan rekan-rekan saya yang super.

Apa bangsa Indonesia siap? Pertanyaan yang tidak asing bila saya tanyakanlah pada anda semua. Tetapi, siap dalam soal apa? Tentu saja dalam melawan masa industrialisasi yang berlangsung. Jadi sisi dari dampak industralisasi itu, kita pantas untuk tahu apa kita siap ataukah tidak pada dampak industrialisasi.

Industrialisasi ialah proses pergantian sosial ekonomi yang mengubah skema penelusuran warga agraris jadi warga industry. Ini begitu terkait erat adanya modernisasi, terutamanya modernisasi dalam bagian tehnologi. Makin meningkatnya peranan tehnologi di dunia, mengakibatkan beberapa cara konvensional makin terpinggirkan. Ini memang perkembangan yang begitu baik, tetapi mengakibatkan efek yang mengagumkan. Dalam soal ini ialah efek di dunia industri.

Saudara-saudara saya yang super.

Industrialisasi dengan alat-alat tehnologi mutakhir tetap memunculkan pencemaran pada lingkungan. Contohnya saja polusi hawa, polusi air, kebisingan, ada beberapa type penyakit baru serta pathogen (mikroorganisme yang beresiko). Efek yang paling beresiko ialah pemanasan global, banyak pabrik-pabrik industry yang mengakibatkan polusi hawa yang mengganggu susunan ozon. Hingga susunan ozon terusik serta makin tingkatkan suhu hawa di bumi. Hal yang paling menakutkan ialah, sebab pemansan global ini mengakibatkan ketahana pangan warga dunia makin alami penurunan.

Efek lain dari industrialisasi ialah efek dalam social budaya. Industri-industri sebenarnya banyak menjamur di kota-kota besar, ini mengakibatkan beberapa tenaga kerja sangat terpaksa beralih dari rumah mereka, ke kota. Ini memunculkan efek baru, berlangsung penimbunan masyarakat di kota, pembangunan dikota makin bertambah dibanding di desa sebab masyarakat yang makin bertambah, ada perumahan kotor, beberapa jenis penyakit serta penyakit sosial dalam warga.

Apa yang dikerjakan pemerintah?? Ditengah-tengah persoalan diatas, pemerintah masih santer jadikan Negara Indonesia jadi Negara industri. Baik susunan organisasi, ideology serta kepemimpinan selalu diregenerasi supaya dapat membendung dapmpak dari industrialisasi yang ada. Tetapi, efek yang muncul malah bertambah cepat berkembang dibanding penanggulangan yang ada.

Jadi, apa bangsa kita siap?? Menurut saya, penanggulanagn membutuhkan SDM yang andal. Lucunya, bangsa kita malah menghormati beberapa SDM andal ini pada harga yang murah, tentunya beberapa tenaga kerja akan berpikir tidak untuk butuh begitu tingkatkan potensi mereka hanya karena akan dibayar pada harga yang sama. Semestinya kita lebih memberi penghargaan yang selayaknya untuk pra tenaga kerja yang andal ditiap bidangnya. Demikian pidato saya.

Wassalamualaikum wr.wb.